Minggu, 11 April 2010

Mengungkap Keaslian Foto Digital


Sering kita mendengar berita heboh tentang foto artis, pejabat, atau tokoh masyarakat yang beredar luas di internet berpose aduhai atau menjurus ke pornografi.
Biasanya pakar telematika dimintai pendapatnya untuk menjelaskan keaslian foto tersebut. Apakah asli atau sekedar rekayasa hasil dari olah digital.
Seringkali berkas (file) foto yang bikin heboh kadang diragukan keasliannya karena sudah direkayasa (retouch) menggunakan software image editor seperti Adobe Photoshop, atau Gimp dll. Misalnya foto artis tanpa busana bisa direkayasa dengan mengambil bagian kepalanya dicropping dan diganti artis yang dipalsukan.
Sebenarnya mengungkap keaslian sebuah foto digital tak terlalu sulit. Karena setiap berkas digital memiliki metadata. Metadata ini menyimpan history (keterangan kapan file ini dibuat, dengan software apa diedit, dan lain-lain). Untuk mengetahui keasliannya berkas, kita bisa fokus pada catatan ''creation software'' Pada foto asli ''creation software''atau software pembuat/editing file foto. Pada foto asli ''creation software''berisi keterangan aplikasi dasar. Misalnya hasil foto asli dari ponsel kamera Samsung i8510 tertanda keterangan software: fw69.23 prm69.20. Kemudian apabila diedit atau direkayasa keterangan softwarenya berubah menjadi menjadi Adobe Photoshop 7.0. Begitupun jika diedit dengan software image editor lainnya.

Jadi, berkas ini tak bisa bohong karena ada 'malaikat' yang mencatat perubahan apa saja yang melekat di dalam dirinya. Berikut beberapa cara melihat'' identitas'' foto digital.1. Arahkan cursor ke berkas bersangkuta, maka akan terlihat beberapa keterangan seperti : tanggal dan jam pengambilan foto, tipe kamera ponsel, dimensi foto, dan ukuran berkas.

2. Klik kanan pada file>properties>summary. Cara kedua ini akan menampilkan lebih lengkap keterangan foto tersebut. Selain keterangan pad nomor 1, tampil pula keterangan merek ponsel, seri ponsel, resolusi, bit dept, ISO, speed, exposure, dan lain-lain.

3. Klik kanan pada file>open with>notepad. Data yang tampil adalah berupa baris-baris teks. Biasanya metadata file tersebut terdapat pada baris pertama hingga ke-15 selebihnya bahasa komputer yang sulit dimengerti.

4. Menggunakan software Adobe Photoshop (misalnya dengan versi 7.0. Kita buka salah satu file foto>file>file info....> section : pilih EXIF (atau tekan Ctrl+5)

Catatan: Mungkin saja sebuah adegan disebuah foto memang asli, tidak direkayasa (cropping). Tapi keterangan metada berubah karena foto tersebut diubah ukuran berkasnya, color tone. dan lain-lain oleh software seperti adobe photoshop.

ok semoga bermanfaat

Sudah Baca Yang Ini..?



Komentar :

ada 0 komentar ke “Mengungkap Keaslian Foto Digital”

Posting Komentar

Reader Community

 
This Blog is proudly powered by Blogger.com | Template by Angga Leo Putra